Denda Shopee Paylater & Cara Menghitung Denda Telat Bayar

Denda Telat Bayar Shopee Paylater - Indocara

Cara Menghitung Denda Jika Telat Bayar Shopee Paylater PerHari atau Perbulan. Shopee Paylater atau SPayLater merupakan layanan pinjaman pada aplikasi Shopee yang disediakan oleh PT Commerce Finance serta pihak lain yang bekerja sama untuk memberikan pinjaman kepada Pengguna. Selain itu PT Commerce Finance juga diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Shopee Paylater memungkinkan kamu untuk berbelanja di aplikasi Shopee tetapi bayar dikemudian hari, istilah ini sering disebut dengan “beli sekarang bayar nanti”. Meskipun fitur Shopee Paylater ini sangat membantu dalam keadaan mendesak, namun tidak semua pengguna bisa menggunakan fitur ini.

Fitur Shopee Paylater ini biasanya ditawarkan kepada pengguna pilihan saja, khususnya bagi pengguna Shopee yang sering berbelanja online di Shopee yang bisa mengaktifkan Shopee Paylater. Lantas bagaimana jika kita telat bayar Shopee Paylater?.


Resiko Telat Bayar Shopee Paylater

Kamu diharuskan membayar tagihan Shopee Paylater sebelum tanggal jatuh tempo. Lantas bagaimana jika kita telat membayar tagihan Shopee Paylater? apa resiko dan berapa denda keterlambatan pembayaran Shopee Paylater. Berikut adalah bagaimana jika tidak membayar shopee paylater?

  • Tercatat di OJK. Ketika kamu menggunakan Shopee Paylater maka nama kamu akan tercatat pada slik Otoritas Jasa Keuangan. Jika kamu sampai telat membayar tagihan Shopee Paylater sampai seminggu atau sebulan, tentu akan membuat nama kamu menjadi jelek. Akibatnya adalah kamu akan lebih sulit melakukan pinjaman yang lebih besar seperti cicilan motor, mobil atau rumah, hal ini dikarenakan pihak yang memberikan pinjaman akan mempertimbangkan terlebih dahulu riwayat hutang kamu di OJK.
  • Membayar Denda Keterlambatan. Selain tercatat di OJK, kamu juga akan dikenakan denda keterlambatan membayar tagihan yang sudah lewat jatuh tempo. Untuk biaya keterlambatan sendiri sebesar 5% per bulan dari seluruh total tagihan Anda.
  • Akun Shopee Paylater akan dibekukan. Tidak menutup kemungkinan kamu akan kena pembatasan akses fungsi pada aplikasi maupun penggunaan Voucher Shopee.
  • Penagihan Lewat Telepon. Ketika kamu lupa membayar tagihan Spaylater, maka pihak desk collection akan mencoba untuk mengingatkan kamu melalui notifikasi, SMS maupun telpon. Metode pengingat ini akan menjadi bukti di kemudian hari bahwa pihak Shopee sudah berusaha untuk mengingatkan kamu membayar tagihan Shopee Paylater.
  • Penagihan Shopee Paylater ke Rumah. Jika kamu tidak merespon pengingat melalui SMS atau Telepon maka tidak menutup kemungkinan kamu akan didatangi oleh para Debt Collector (DC). Bahkan pihak Shopee secara transparan menyatakan bahwa akan dilakukan Penagihan Lapangan kepada para pengguna Shopee Paylater yang terlambat melakukan pembayaran.

Keterlambatan membayar tagihan Shopee Paylater dapat mengakibatkan denda 5% per bulan dari total tagihan, kamu juga akan mendapatkan pembatasan akses fungsi di aplikasi, dan penggunaan Voucher Shopee, serta akan mempengaruhi peringkat kredit Kamu di SLIK OJK, dan bisa berujung penagihan lapangan.






Denda Shopee Paylater

Ketika kamu telat membayar tagihan Shopee Paylater, maka kamu akan dikenakan biaya keterlambatan (denda) sebesar 5 % dari total Tagihan. Dikutip dari halaman Shopee.co.id, jika telat bayar SPayLater maka akan berdampak pada:

  • Kamu akan dikenakan biaya keterlambatan sebesar 5% per bulan dari seluruh total tagihan kamu.
  • Adanya pembatasan akses fungsi pada aplikasi Shopee dan penggunaan Voucher.
  • Peringkat kredit Anda di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK yang dapat mencegah kamu untuk mendapatkan pembiayaan dari Bank ataupun perusahaan lain.
  • Dilaksanakannya penagihan lapangan.

Cara Menghitung Denda

Berikut adalah contoh perhitungan total biaya keterlambatan pembayaran tagihan SPayLater:

  • Anggap saja total tagihan kamu adalah Rp. 100.000.
  • Biaya denda keterlambatan per bulan 5% dari total tagihan.
  • Sehingga denda yang harus kamu bayarkan adalah (5% x 100.000) + 100.000 = Rp. 105.000.

Berapa denda telat bayar shopee paylater 1 hari?

Bagi kamu yang telat bayar Shopee Paylater meskipun baru satu hari, kamu tetap dikenakan denda perbulan sebesar 5% dari total tagihan.

Berapa denda telat bayar shopee paylater 2, 3, 10,  15 hari maupun 1 minggu?

Kamu tetap dikenakan denda perbulan sebesar 5% dari total tagihan.

Berapa denda telat bayar shopee paylater 2 bulan?

Karena biaya denda keterlambatan per bulan 5% dari total tagihan, maka denda jika telat bayar Shopee Paylater 2 bulan adalah 2 x 5% dari total tagihan.

Baca Juga : Pengalaman Telat Bayar SPayLater.


Cara Bayar Shopee Paylater

  1. Buka aplikasi Shopee.
  2. Selanjutnya pilih menu Saya.
  3. Kemudian pilih menu SPayLater.
  4. Pilih Bayar Sekarang.
  5. Pilih Tagihan Bulan Ini kemudian aplikasi akan menampilkan rincian tagihan Shopee Paylater.
  6. Pilih Bayar Sekarang.
  7. Pilih Metode Pembayaran kemudian pilih Konfirmasi.
  8. Pilih Bayar Sekarang.
  9. Lakukan pembayaran sesuai denga jumlah tagihan Shopee Paylater dan metode pembayaran yang sudah kamu pilih.

 

Sekian dari pembahasan cara menghitung Denda telat bayar Shopee Paylater. Ikuti situs indocara.com untuk mendapatkan info lainnya seputar Shopee Paylater. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tingglkan komentar di bawah.

Syarat dan ketentuan serta beberapa info lainnya mungkin saja dapat berubah sewaktu-waktu.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!