Cara Upgrade ShopeePay Plus dan Apa Saja Keuntungannya

Cara Upgrage ke ShopeePay Plus Lengkap - IndoCara

Indocara – Cara Upgrade ke ShopeePay Plus. Shopee merupakan salah satu e-Commerce besar dan populer di Indonesia. Sudah banyak orang yang menggunakan aplikasi Shopee untuk berbelanja online maupun offline. Tidak hanya untuk berbelanja online, Shopee juga memungkinkan kita untuk menjual produk milik kita sendiri secara online.

Shopee menyediakan banyak metode pembayaran untuk memudahkan kita dalam melakukan transaksi, seperti:transfer bank, bayar melalui gerai Alfamart atau Indomaret dan menggunakan uang virtual milik Shopee yaitu ShopeePay.

 

Apa Itu ShopeePay?

ShopeePay adalah layanan uang elektronik pada Shopee untuk memudahkan kita dalam melakukan pembayaran berbagai jenis transaksi yang ada di Shopee. Sama halnya seperti Gopay, hanya saja jika Gopay merupakan uang elektronik untuk bertransaksi di semua layanan pada aplikasi Gojek sedangkan ShopeePay untuk aplikasi Shopee.

Salah satu keuntungan menggunakan metode pembayaran menggunakan ShopeePay adalah pihak Shopee sering memberikan promo khusus seperti diskon, cashback, voucher gratis ongkir hanya kepada pengguna yang melakukan transaksi dan menggunakan metode pembayaran ShopeePay.

Untuk dapat menggunakan metode pembayaran ShopeePay, tentu kamu harus mengaktifkan ShopeePay kamu terlebih dahulu, kemudian mengisi saldo ShopeePay. Kamu bisa mengisi saldo (Top up) ShopeePay menggunakan bank transfer, maupun melalui Alfamart atau Indomaret.

Namun sayangnya, Pada ShopeePay biasa kamu hanya bisa menyimpan saldo sampai Rp 2 juta saja, dengan begitu kamu tidak bisa membeli barang di Shopee yang harganya lebih dari 2 juta. Namun tenang saja, karna dengan mengupgrade ShopeePay ke ShopeePay Plus, kamu bisa menyimpan saldo sampai Rp 10 juta.

 

Apa Itu ShopeePay Plus?

ShopeePay Plus adalah versi premium dari ShopeePay biasa, meskipun secara penggunaan hampir sama, namun ShopeePay Plus memiliki beberapa keunggulan atau fitur tambahan.

Apa Saja Keuntungan ShopeePay Plus?

Berikut kami jelaskan perbedaan antara ShopeePay dan Shopeepay Plus.

Kegunaan ShopeePay biasa

  • Dapat melakukan isi saldo (top up).
  • Dapat melakukan pembayaran secara online dan offline.
  • Batas maksimal menyimpan saldo Rp 2.000.000.
  • Namun tidak dapat melakukan transfer dan tarik dana.
    Verifikasi KTP (ShopeePay Plus) untuk dapat menggunakan fitur transfer dan tarik dana-min

Keuntungan Upgrade ShopeePay Plus

  • Mendapatkan semua fitur yang ada di ShopeePay biasa.
  • Batas maksimal menyimpan saldo menjadi Rp 10.000.000. Kamu jadi bisa membeli barang-barang yang lebih mahal harganya, beli iphone misalnya.
  • Dapat meminta dana atau saldo ke sesama.
  • ShopeePay Plus dapat melakukan tarik tunai atau transfer ke rekening Bank serta bebas biaya admin atau biaya transfer. Selengkapnya : Cara transfer saldo ShopeePay ke rekening bank.

 

Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Daftar ShopeePay Plus?

  • e-KTP/KTP atau KITAS.
  • Kamera depan dan belakang smartphone yang masih berfungsi.
  • Nama lengkap Ibu kandung.
  • Sudah membuat akun ShopeePay.

 

Cara Upgrade ke ShopeePay Plus

  1. Buka aplikasi Shopee.
  2. Selanjutnya pilih menu Saya di pojok kanan bawah, kemudian pilih ShopeePay.1 Pilih Menu Saya, kemudian pilih Shopeepay - Indocara
  3. Pada halaman utama ShopeePay, kemudian pilih Upgrade Sekarang.
    ShopeePay Plus Upgrade Sekarang - IndoCara-min
  4. Masukan jenis identitas “KTP” dan kewarganegaraan “Indonesia”. Kemudian ambil foto e-KTP dan foto selfie sambil memegang e-KTP.
    Upgrade ShopeePay Plus - Ambil Foto diri dan e-KTP
  5. Selanjutnya masukan lagi data pribadi seperti Nama, No. KTP atau KITAS, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin dan alamat. Pastikan data yang kamu masukan sesuai dengan data pada e-KTP.
    Upgrade ShopeePay Plus - Masukan data diri dan alamat
  6. Selanjutnya masukan data diri seperti pekerjaan saat ini, nomor handphone dan nama dari ibu kandung sesuai Kartu Keluarga, kemudian beri centang untuk menyetujui syarat dan ketentuan. Selanjutnya jika sudah yakin, pilih Konfirmasi.
    Upgrade ShopeePay Plus - Pilih konfirmasi
  7. Akan muncul halaman untuk memeriksa kembali apakah data diri yang kamu masukan barusan sudah yakin benar atau belum. jika sudah, lanjut dengan memilih Konfirmasi.
  8. Muncul pesan Informasi terkirim, Tim Shopee akan menginformasikan hasil verifikasi KTP/ KITAS mu. ShopeePay tetap dapat digunakan. Kemudian pilih OK.
    Upgrade ShopeePay Plus - Informasi Terkirim
  9. Maka status ShopeePay Plus kamu sedang diverifikasi, langkah selanjutnya kamu hanya perlu menunggu sampai ShopeePlus kamu diterima dan aktif.
    Upgrade ShopeePay Plus - Status KTP kamu sedang diverifikasi
  10. Setelah menunggu proses verifikasi tidak sampai 5 menit, kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa proses daftar ShopeePay Plus berhasil, kini kamu bisa melakukan transfer dan tarik dana ke rekening bank.
    Upgrade ShopeePay Plus - Status KTP Berhasil diverifikasi

 

Tanya Jawab (FAQ)

Apakah Shopeepay Plus aman atau tidak?

ShopeePay Plus sangat aman untuk kamu gunakan, karena proses verifikasi identitas ShopeePay akan diawasi oleh BI (Bank Indonesia). Namun kamu tetap berhati-hati untuk tidak membagikan informasi pribadi kamu secara umum serta merahasiakan apapun seperti password dan kode PIN.

Apakah Shopeepay harus punya rekening?

Untuk membuat akun ShopeePay dan Upgrade ke ShopeePay Plus, kita tidak perlu memiliki akun rekening bank apapun.

Apakah saldo ShopeePay bisa ditarik tunai?

Saldo ShopeePay bisa ditarik tunai atau ditransfer ke rekening Bank dengan syarat kamu harus melakukan upgrade ShopeePay ke ShopeePay Plus terlebih dahulu.

Berapa lama proses verifikasi ShopeePay Plus?

Proses verifikasi ShopeePay Plus bisa memakan waktu maksimal 1×24 jam dan tim ShopeePay akan menghubungi kamu untuk memverifikasi identitas kamu melalui telepon maupun video call (jika dibutuhkan). Namun ternyata, kami hanya menunggu tidak sampai 5 menit, proses aktivasi ShopeePay Plus berhasil.

Kenapa verifikasi KTP ShopeePay Plus gagal terus atau ditolak?

  • Adanya kerusakan pada foto, seperti foto yang blur, buram atau kurang jelas, foto tertutup sinar flash, foto yang terpotong dan hanya menampilkan sebagian, .
  • Adanya ketidak sesuaian, seperti: foto wajah dan foto e-KTP berbeda, data diri pada akun Shopee berbeda dengan data diri di foto eKTP.
  • Data e-KTP yang kamu gunakan untuk Upgrade ShopeePay Plus tidak terdaftar atau tidak sesuai dengan data Dukcapil.
  • Penggunaan dokumen ID untuk upgrade ke ShopeePay Plus telah melebihi batas.
  • Dokumen ID yang kamu gunakan untuk upgrade ke ShopeePay Plus telah habis masa berlakunya.
  • Apabila verifikasi daftar ShopeePay Plus ditolak, kamu dapat memverifikasi ulang dengan syarat sudah dapat memenuhi semua Syarat dan Ketentuan yang menjadi alasan penolakan pada verifikasi sebelumnya.

Bagaimana cara upgrade ShopeePay Plus tanpa KTP?

Sampai artikel ini dibuat, Pihak Shopee hanya mengijinkan penggunaan KTP/e-KTP/KITAS saja untuk dapat melakukan upgrade ke ShopeePay Plus.

Apakah Saldo ShopeePay ada masa berlakunya atau bisa hangus?

Saldo Shopeepay tidak bisa hangus maupun expired, beda cerita jika kamu menutup akun ShopeePay.

Apakah Koin (coins) Shopee bisa hangus?

Berbeda dengan saldo ShopeePay, koin Shopee bisa saja hangus jika tidak digunakan selama 3 bulan sejak mendapatkan koin.

Selengkapnya : https://help.shopee.co.id/s/article/Bagaimana-cara-saya-verifikasi-identitas

Baca juga : Cara upgrade Gopay ke Gopay Plus.

Sekian dari cara mendaftar ShopeePay Plus, kini kamu bisa mengirim saldo ShopeePay ke rekening Bank. Ikuti website indocara.com untuk mendapatkan info menarik lainnya seputar transaksi online. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tinggalkan  komentar di bawah.

Author: Mas Erwan

Syarat dan ketentuan serta beberapa info lainnya mungkin saja dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *