Cara Transfer Antar Bank Agar Tidak Kena Biaya Transfer

Cara Transfer Antar Bank Agar Tidak Kena Biaya - IndoCara

Indocara –  Cara Transfer Antar Bank Secara Gratis. Buat kamu yang suka berbelanja online, pastinya kamu mencari dukungan bank yang sama dengan bank yang kamu miliki, hal ini supaya tidak dikenakan biaya admin atau biaya transfer antar bank. Tidak hanya jual beli online, aktivitas transfer juga sering kita gunakan saat memberi pinjaman kepada orang lain atau sekedar untuk mengirim uang ke orang tua maupun saudara.

Baca juga : Cara Cek Nomor Rekening Penipu.

 

Berapa Biaya Transfer Antar Bank?

Biasanya Bank yang ada di Indonesia membagi biaya transfer menjadi 2, yaitu biaya transfer ke sesama dan biaya transfer ke bank lain. Untuk biaya admin transfer ke bank yang sama, kamu tidak kena biaya admin atau potongan alias gratis. Namun, jika kamu melakukan transfer ke bank yang berbeda biasanya memiliki tarifnya yang berbeda-beda dengan kisaran Rp 4.000 – 6.500.

Jika kamu mengangap uang Rp 4.000 – 6.500 sangat berharga, apalagi buat kamu yang sering melakukan transfer antar bank, tentu jika dikalikan maka akan cukup untuk membeli paket data. Pada artikel ini, kami akan memberikan cara supaya kamu tidak kena biaya transfer antar Bank, yaitu dengan melalui aplikasi semacam dompet digital. Sebelum masuk ke daftar aplikasi, kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana alur prosesnya.

Secara sederhana, kamu hanya perlu menggunakan aplikasi tersebut dan terdaftar sebagai premium user, dengan menggunakan verifikasi data e-KTP. nantinya jika misalnya kamu ingin transfer dari Bank BCA ke BNI, maka kamu perlu melakukan top up saldo di aplikasi dari BCA. jika sudah memiliki saldo di aplikasi tersebut, maka kamu bisa mentransfer saldo tersebut ke BNI atau bank lain.

Berikut kami jabarkan aplikasi apa saja yang sangat direkomendasikan agar kamu dapat transfer ke bank lain bebas biaya admin tanpa harus ke ATM.

Aplikasi Transfer Antar Bank Secara Gratis

  • Dana

    sumber gambar : dana.id

    Dana merupakan salah satu dompet digital yang sangat populer di Indonesia. Selain transfer saldo antar Bank maupun antar sesama pengguna dana. Dana juga memiliki banyak fitur seperti bayar listrik secara online, beli pulsa dan paket data secara online, bahkan bisa untuk membayar asuransi dan langganan dan masih banyak lagi.

    Aplikasi Dana memungkinkan kamu untuk melakukan transfer ke semua Bank tanpa biaya transfer, namun kamu hanya memiliki jatah gratis sebanyak 10 kali setiap bulanya dan minimal transfer adalah Rp 50.000. Sebelum kamu melakukan transfer, kamu harus melakukan isi saldo atau top up terlebih dahulu. tapi tenang saja, Dana bisa melakukan top up dari bank secara gratis. Namun kamu harus terdaftar sebagai akun premium untuk dapat melakukan transfer ke Bank lain. Caranya dengan melakukan verifikasi e-KTP secara online.

  • Flip

    Flip
    sumber gambar : flip.id

    Hampir sama seperti Dana, Flip memungkinkan kamu untuk dapat melakukan transfer gratis ke 16 Bank terbesar di Indonesia. Selain itu kamu juga bisa mengirimkan uang ke luar negri dengan biaya mulai dari Rp 50.000 per transaksi. Flip sudah diunduh oleh 1 juta pengguna lebih di Play Store dan memiliki rating 4.8.

    Sebelum dapat melakukan tranfer gratis antar Bank, kamu harus terlebih dahulu melakukan verifikasi akun. Flip juga memiliki lisensi oleh Bank Indonesia dengan nomo izin 18/196/DKSP/68, sehingga aman untuk kamu gunakan. Namun sayangnya proses transfer di Flip cukup lama sekitar 20 menit bahkan bisa lebih. Jumlah minimal transfer adalah Rp 10.000. Sedangkan jumlah maksimal transfer adalah Rp 5.000.000 per hari.
    Daftar pertanyaan seputar Flip : flip.id/site/faq

  • Gopay

    Gopay merupakan layanan uang digital yang ada di aplikasi Gojek. Dengan Gopay, memudahkan kita dalam melakukan transaksi pada layanan gojek. seperti membayar gofood, gojek, bahkan membeli pulsa dan masih banyak lagi. Dulu Gopay hanya bisa melakukan trransfer ke Bank milikmu saja, namun kini Gopay sudah bisa kamu gunakan untuk melakukan transfer ke Banyak Bank di Indonesia.

    Sama dengan aplikasi lainnya, kamu perlu melakukan verifikasi data menggunakan e-KTP dengan alasan keamanan. Pada umumnya gopay memberi jatah 3x gratis biaya transfer antar bank dengan minimal transfer Rp 10.000. Apabila melebihi jatah gratis, maka kamu akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500. Harga biaya transfer ini masih lebih murah jika dibandingkan dengan biaya transfer antar bank secara langsung.

  • LinkAja

    Sama seperti dompet digital pada umumnya. LinkAja juga memungkinkan kamu untuk melakukan transfer ke beberapa Bank. Namun, transfer gratis hanya berlaku jika kamu melakukan transfer ke Himpunan Bank Milik Negara. Apa saja himpunan Bank milik Negara tersebut?, yaitu seperti BRI, BNI, Bank Mandiri dan BTN.

    Secara sederhana dengan menggunakan aplikasi LinkAja kamu bisa melakukan top up dan transfer secara gratis dari Bank BRI, BNI, Bank Mandiri dan BTN dengan minimal transfer Rp 10.000. Jangan lupa, kamu perlu melakukan verifikasi data eKTP secara online sebelum kamu menggunakan fitur transfer antar bank secara gratis ini.

  • OY! Indonesia

    OY! Indonesia - Indocara
    sumber gambar : oyindonesia.com

    OY! Indonesia merupakan salah satu aplikasi fintech yang memiliki fasilitas transfer antar bank tanpa biaya ke lebih dari 100 Bank. Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari solusi biaya admin. Untuk melakukan transfer, OY! menggunakan virtual account yang dibuat di bank yang sama dengan bank yang dimiliki nasabah sebagai sumber dana. Lalu, pengiriman dana akan dilakukan melalui Virtual Account ke rekening tujuan.

    Jika kamu ingin mengirim sejumlah uang dari bank Mandiri ke bank BCA, kamu akan melakukan transfer ke rekening Virtual Account OY! yang sudah terdaftar di bank Mandiri tanpa biaya karena merupakan bank yang sama. Setelah itu, uang akan ditransfer oleh OY! ke rekening tujuanmu di BCA.

    Sebelum kamu dapat melakukan transfer tanpa biaya transfer, kamu harus terlebih dahulu mendaftakan diri. Kamu bisa mengunduh aplikasi OY! di Play Store maupun di App Store. Kamu juga harus melakukan verifikasi nomor ponselmu dan membuat MPIN demi keamanan selama menggunakan aplikasi OY!.

    Untuk minimal transfer adalah Rp 10.000 dan maksimal jumlah per transfer sebesar Rp 100.000.000 dan Rp 400.000.000 untuk maksimum akumulasi transfer per harinya!

    Apabila kamu sudah menentukan jumlah uang yang ingin kamu transfer, selanjutnya kamu akan diminta untuk memilih metode transfer yaitu Virtual Account atau Debit Card . Transaksi menggunakan VA tidak akan dikenakan biaya transfer, sedangkan jika kamu menggunakan Debit Card maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.500. Saat proses transfer berhasil, OY! akan mengirimkan bukti transfer melalui aplikasi.

    Kini kamu nggak perlu ke ATM dan terbebani oleh biaya admin atau biaya transfer. Agar kamu bisa lebih berhemat dan menikmati layanan Transfer antar Bank gratis.

Sekian dari cara transfer antar Bank agar tidak kena biaya atau bebas biaya (gratis). Ikuti situs kami indocara.com untuk mendapatkan informasi dan tips lainnya seputar transaksi dan belanja online. Silakan beri komentar di bawah jika ada petanyaan, kritik dan saran.

 

Author: Mas Erwan

Syarat dan ketentuan serta beberapa info lainnya mungkin saja dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *