Cara Cek dan Melaporkan No Rekening Penipuan

Cara Cek dan Melaporkan No Rekening Penipuan - IndoCara

IndoCara – Cara Cek Rekening Penipuan. Apakah kamu sering mendapatkan penawaran barang bagus? apalagi harganya yang super murah? Hati-hati ya sob, jangan mudah tergiur!

Begini, jika anda sering melakukan jual beli online, apalagi di luar situs marketplace. Maka anda wajib tahu bagaimana cara cek rekening penipu yang jitu dan benar. Hal ini sangat penting sekali karena bisa mencegah dan mengantisipasi timbulnya kerugian dalam melakukan transaksi online.

Siapa yang tidak tergiur jika kita tahu barang yang sudah kita incar, ternyata ada yang menjualnya dengan harga super murah. Apalagi penawarannya ada embel-embel promo terbatas! Hanya hari ini!!!

Pasti kita langsung buru-buru pesan atau order tanpa memperdulikan apakah penjual tersebut penipu atau bukan. Oleh sebab itu, sebelum bertransaksi, kamu wajib melakukan cek no rekening milik si penjual tersebut. Apakah masuk dalam golongan daftar no rekening penipu atau bukan. Berikut adalah cara cek nomor rekening penipu.

Saat ini, ada 5 cara cek no rekening penipu yang benar. Bisa melalui situs layanan atau juga media sosial. Berikut tempat dan panduan yang bisa anda lakukan untuk bisa cek rekening penipu yang tepat.

Website Untuk Cek Nomor Rekening Penipuan

  1. Kredibel.co.id
  2. CekRekening.id
  3. Lapor.go.id

Melacak No Rekening Penipuan Pakai Sosial Media

  1. Facebook & Twitter
    • Cari nomor rekening melalui kolom pencarian, lalu cek  pada bagian “Postingan” atau “Postingan Grup”
  2. Instagram
    • Lakukan cek atau DM ke akun Instagram @indonesiablacklist (IBL)

Pada artikel ini, kami akan memjabarkan cara mengecek nomor rekening penipu menggunakan salah satu website layanan di atas, yaitu CekRekening.id. CekRekening.id adalah Situs Resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang no rekening Bank yang diduga digunakan untuk tindak pidana seperti kasus penipuan.

Siapa saja bisa berpartisipasi untuk pengumpukan data no rekening penipuan, sehingga dapat menciptakan transaksi online yang aman. Berikut adalah Cara cek nomor rekening penipuan di cekrekening.id


Cara Cek No Rekening Penipu

  1. Kunjungi situs cekrekening.id.
  2. Pilih bank, kemudian masukan nomor rekening yang ingin kamu cek. lalu pilih periksa rekening.
    cekrekening.id - periksa rekening
  3. Tunggu beberapa saat, sampai hasil pemeriksaan selesai.
  4. Seteleh itu, maka akan tampil hasil pemeriksaan seperti gambar di bawah ini.
    cekrekening.id - hasil pemeriksaan rekening penipuanBerdasarkan gambar di atas, bisa kita ketahui bahwa nomor rekening tersebut belum pernah dilaporkan terkait tindakan pidana. Namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan bahwa

    Nomor rekening yang belum pernah dilaporkan tidak serta merta mengindikasikan bahwa nomor rekening tersebut aman dan terpercaya. Kita harus selalu waspada dalam setiap melakukan transaksi secara online.

Bagaimana jika kamu adalah korban penipuan, dan tidak ingin kasus serupa terjadi kepada siapapun? maka jawabanya adalah melaporkan no rekening penipu tersebut. Masih menggunakan layanan dari cekrekening.id. cekrekening.id juga menyediakan form supaya kamu dapat melaporkan nomor rekening penipu, sehingga jika suatu saat ada orang lain yang mencoba melakukan cek pada no rekening yang sama, maka akan muncul pesan preingatan bahwa no rekening tersebut tidak aman. Berikut adalah cara lapor nomor rekening penipu.

Cara Melaporkan No Rekening Penipuan

  1. Kunjungi situs cekrekening.id/lapor
  2. Maka akan tampil form untuk mengisi data tentang rekening penipuan seperti nama, nomor rekening, kronologi dan upload bukti-bukti berupa gambar.
    cekrekening.id - Buat laporan rekening penipuan
  3. Data akan dikirim dan dikelola oleh pihak cekrekening.id.
  4. Dengan mengirimkan data rekening penipuan, kita dapat membatu teman-teman kita supaya tidak tertipu di lain waktu.

Apakah Bisa Memblokir Rekening Penipu?

Bagi yang belum paham pasti akan bertanya-tanya, apakah kita memblokir rekening milik penipu?

Jawabannya Bisa! Karena semua Bank saat ini, bahkan sejak tahun 2009 sudah mengikuti aturan Komite Bye Laws dan juga aturan Bank Indonesia. Komite Bye Laws sendiri merupakan sebuah aturan teknis bersama yang digunakan untuk melindungi setiap nasabah perbankan.

Jadi, berdasarkan aturan Bye Laws tersebut, setiap nasabah perbankan yang mengalami penipuan dalam transaksi online bisa mengajukan pemblokiran rekening milik penipu.

Bagaimana Cara Membekukan Rekening Penipu?

Dan di sini kami juga akan memberikan panduan atau langkah-langkah bagaimana cara memblokir atau membekukan rekening penipu dengan cepat.

Apa Saja Syarat Memblokir Rekening Penipu?

Tentu sebelum mengajukan pemblokiran rekening milik penipu, anda harus sudah melakukan transaksi terlebih dahulu dengan si penipu.

Artinya : Kamu harus dalam keadaan tertipu.

Berikut adalah cara membekukan rekening penipu dengan cepat:

  1. Kamu datang ke Bank setempat dengan membawa bukti transaksi hasil penipuan.
  2. Petugas Bank akan meminta kamu untuk mengisi formulir yang bermaterai.
    • Formulir tersebut berisi Nomor rekening beserta nama penipu dan jumlah uang yang sudah ditransfer.
  3. Setelah itu, petugas bank akan melakukan blokir sementara ke rekening penipu sambil menunggu surat laporan dari kepolisian.
  4. Selanjutnya kita langsung datang ke kantor polisi terdekat untuk membuat surat laporan penipuan

Sesudah menjalani langkah-langkah di atas, petugas Bank akan terus menghubungi penipu dengan cara telpon dan datang kerumah penipu.

Jika dalam 3-4 hari tidak ada respon dari si penipu, maka dana yang sudah ditransfer akan kembali lagi ke rekening kita.


Apa Itu ID Rekening?

Pada dasarnya, ID Rekening adalah gabungan kombinasi nama dan tanggal lahir nasabah yang digunakan untuk login ke Internet Banking.

ID Rekening juga biasa disebut User ID.

Jadi, setiap nasabah yang mendaftarkan rekeningnya memakai Internet Banking akan mendapat ID Rekening atau User ID dari Bank.

Apakah Bisa Melacak Nomor Rekening?

Kita bisa melacak nomor rekening dengan cara langsung datang ke Bank atau melalui website layanan. Caranya sama dengan cara cek rekening penipu di atas. Hanya saja, jika melacak nomor rekening dengan datang ke Bank, kita harus memberikan persyaratan yang diperlukan. Jadi, untuk cara paling mudah melacak nomor rekening orang lain, gunakan saja website layanan dan juga media sosial.

Baca juga: Cara Bayar Listrik di Indomaret.

Sekian dari info mengenai cara cek nomor rekening penipu serta melacak dan melaporkannya. Ikuti Situs Indocara.com untuk mendapatkan informasi lainnya seputar transaksi online. Silakan tinggalkan komentar di bawah jika ada pertanyaan.

Author: Mas Erwan

Syarat dan ketentuan serta beberapa info lainnya mungkin saja dapat berubah sewaktu-waktu.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *