Cara Bayar Listrik PLN Pascabayar di Indomaret

Cara Bayar Listrik di Indomaret dan Berapa Biaya Administrasi - IndoCara

IndoCara – Cara Membayar Listik PLN di Indomaret. Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang, bagaimana tidak, hampir semua aktivitas kita sehari-hari menggunakan listrik, contohnya saja menanak nasi, menonton televisi, serta memancarkan wifi langganan. Saat listrik sedang menyala rasanya sih biasa saja, namun, ketika ada pemadaman listrik atau token listrik sudah habis, saat itulah kita baru menyadari bahwa betapa pentingnya ketersediaan listrik.

Cara Bayar Listrik Pakai Gopay.

PLN memberikan 2 jenis layanan dalam berlangganan Listrik, yaitu listrik prabayar (token) dan listrik pascabayar. Listrik prabayar adalah di mana sebelum menggunakan listrik kamu harus terlebih dahulu membeli token listrik. Konsepnya hampir sama seperti pulsa operator seluler, jika token habis, maka listrik akan padam dan kamu perlu untuk mengisinya kembali dengan membeli token listrik. Berbeda dengan prabayar, Listrik Pascabayar adalah kamu pakai dahulu listrik selama 1 bulan, baru nantinya kamu harus membayar tagihan listrik selama satu bulan sebelumnya.

Cara Bayar Listrik Pakai Ovo.

PLN juga selalu membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan listriknya, salah satunya dengan memudahkan pembayaran tagihan listrik. Kini kamu bisa melakukan pembayaran tagihan listrik khususnya pascabayar (bulanan) di semua gerai Indomaret. Mengingat jaringan Indomaret yang semakin meluas dan hampir ada di setiap kecamatan, tentu hal ini akan sangat memudahkan.

Cara Bayar Listrik di Shopee.

Pada artikel ini, kami akan memberikan gambaran seperti apa proses melakukan pembayaran listrik PLN di Indomaret. Namun, sebelum masuk ke pembahasan ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu.

Berapa Biaya Administrasi Bayar Listrik di Indomaret?

Setiap kamu berhasil melakukan pembayaran tagihan listrik pascabayar di Indomaret, kamu akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 2.500. Kamu dapat melihat biaya tagihan dan biaya admin pada struk pembayaran listrik.

Apa Saja Syarat Bayar Listrik Lewat Indomaret?

Sesuai dengan ketentuan dari PLN, Kamu dapat membayar tagihan listrik di Indomaret kapan pun selain dari pukul 23:45 – 00.30. Ketentuan waktu ini juga berlaku untuk pembayaran melalui situs e-commerce dan layanan dompet digital seperti shopee, bukalapak, Gopay, Dana dan lain-lain. Sehingga kami menyarankan untuk melakukan pembayaran listrik sebelum jam 11 malam.

Berapa Denda Jika Telat Bayar Listrik?

Untuk setiap pelanggan PLN Pascabayar harus membayar tagihan maksimal tanggal 20 setiap bulannya, sehingga jika kamu membayar lebih dari tanggal 20 maka kamu akan dikenakan denda sesuai dengan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017. Jika kamu telat, maka kamu harus membayar denda sesuai dengan batas daya. Berikut adalah daftar denda telat bayar listrik.

Daftar Denda Telat Bayar Listrik PLN

Batas Daya Denda per Bulan
450 VA Rp. 3.000
900 VA Rp. 3.000
1.300 VA Rp. 5.000
2.200 VA Rp. 10.000
3.500 – 5.500 VA Rp. 50.000
6.600 – 14.000 VA 3% dari tagihan rekening listrik (minimum Rp. 75.000) per bulan
Di atas 14.000 VA 3% dari tagihan rekening listrik (minimum Rp. 100.000) per bulan

Perlu kamu perhatikan, apabila kamu tidak melakukan pembayaran listrik atau menunggak selama 30 hari, maka petugas PLN berhak melakukan pemutusan aliran listrik sementara. Jika masih telat sampai 60 hari, maka petugas PLN berhak untuk melakukan pembongkaran instalasi PLN mulai dari tiang sampai kWh Meter.

Cara Bayar Listrik Pakai Dana.

Alangkah baiknya jika kamu memiliki jadwal rutin untuk bayar listrik sebelum tanggal 20, jika rumah kamu dekat dengan Indomaret. maka kamu dapat membayarnya dengan mudah dan cepat. yang perlu kamu persiapkan hanyalah membawa uang tunai secukupnya dan nomor id pelanggan PLN. Bahkan kamu juga bisa membayarkan tagihan listrik orang lain jika kamu memiliki nomor id pelanggan PLN orang tersebut.

 

Cara Bayar Listrik di Indomaret

  1. Datang ke gerai Indomaret terdekat.
  2. Kemudian langsung saja menuju kasir Indomaret, budayakan antri yaa.
  3. Bilang saja bahwa kamu mau bayar listrik, kemudian kasir akan meminta nomor id pelanggan PLN.
  4. Berikan nomor id pelanggan yang ingin kamu bayarkan tagihan listriknya.
  5. Tunggu beberapa saat sampai kasir memberitahu jumlah tagihan listrik yang harus kamu bayarkan.
  6. Lakukan pembayaran sejumlah tagihan.
  7. Jika pembayaran listrik berhasil, maka kamu akan mendapatkan struk pembayaran sebagai tanda bukti bahwa tagihan listrik sudah terbayar.

Baca juga : Cara Bayar Listrik Lewat m-Banking BCA.

Contoh Struk Pembayaran Listrik di Indomaret

Contoh Struk Bukti Pembayaran Tagihan Listrik PLN di Indomaret - IndoCara

Dari struk pembayaran listrik di atas dapat kita ketahui berapa jumlah tagihan listrik dan berapa biaya adminnya. Sekian dari pembahasan cara bayar listrik PLN Pascabayar bulanan melalui Indomaret. Ikuti situs kami indocara.com untuk mendapatkan informasi lainya seputar transaksi dan belanja online. Silakan tinggalkan komentar apabila ada pertanyaan, kritik dan saran.

About the Author: Mas Erwan

Syarat dan ketentuan serta beberapa info lainnya mungkin saja dapat berubah sewaktu-waktu.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *