Apa Itu Nomor Virtual Account, Contoh dan Kegunaannya

Apa Itu Nomor Virtual Account, Contoh dan Kegunaannya

Indocara – Pengertian Definisi Nomor Virtual Account Bank. Apakah kamu sering menemukan kata Virtual Account Bank saat ingin melakukan transaksi seperti pembayaran? Jika iya, pasti kamu bertanya-tanya apa itu Virtual Account dan seperti apa cara kerjanya. Pada artikel ini, kami ingin membahas secara lengkap apa yang dimaksud dengan kode atau nomor virtual account.

 

Apa Itu Nomor Virtual Account?

Dikutip dari situs resmi Bank BNI, Virtual Account adalah nomor identifikasi pelanggan perusahaan yang dibuka oleh Bank atas permintaan perusahaan untuk selanjutnya diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya (perorangan maupun non perorangan) sebagai No Rekening Tujuan penerimaan (collection). Di mana setiap setoran atas keuntungan Virtual Account, sistem secara otomatis membuku ker Rekening Utama dengan mencantumkan Nomor dan Nama Rekening Virtual.

Secara sederhana, Nomor Virtual Account adalah seperti nomor rekening, hanya saja sistem langsung bisa mengenali detail transaksi dan melakukan verifikasi secara otomatis, dan nomor virtual account ini diberikan oleh pihak Bank atas permintaan suatu perusahaan.

 

Contoh dan Cara Kerja Nomor Virtual Account

Untuk lebih mudah memahami seperti apa cara kerja Nomor Virtual Account, berikut kami terangkan secara sederhana. Misalnya saja Bank A dan perusahaan B memulai untuk berkerja sama dalam pembuatan virtual Account, maka pihak Bank akan memberi kode khusus (virtual account) untuk perusahaan B yang berupa 12 digit misalnya. Nah di dalam 12 digit tersebut terdapat id transaksi.

Contoh nomer Virtual Account

Anggap saja kita memiliki 2 No Virtual Account : 88888 5000001 dan 88888 5000002.

88888 : adalah kode khusus dari kerjasama antar Bank dan Perusahaan.

5000001 : adalah id transaksi perusahaan, anggap saja transaksi pelanggan A untuk pembelian produk A.

5000002 : adalah id transaksi perusahaan, anggap saja transaksi pelanggan A untuk pembelian produk B.

Ketika kamu melakukan pembayaran menggunakan salah satu Nomer virtual account di atas, maka sistem secara otomatis langsung tahu kamu membayar untuk membeli produk A atau B, karena proses verifikasi pembayaran  akan berjalan otomatis sehingga dapat mempersingkat waktu. Lalu, Apakah nomor Virtual Account sama dengan nomor rekening?

 

Apa Perbedaan Nomor Rekening Biasa dengan Nomor Virtual Account?

Ketika kita ingin melakukan pembayaran jual beli secara online, kita sebagai pembeli harus mentransfer sejumlah uang dan melakukan konfirmasi pembayaran dengan mengirimkan bukti transfer, kemudian pihak penjual pun melakukan verifikasi secara manual dengan mencocokan bukti transfer tersebut.

Cara seperti ini tentu akan memakan waktu verifikasi yang lebih lama, apalagi jika ada ribuan transaksi per harinya tentu akan membuat adminya kualahan. Dengan Virtual Account, sistem akan mengerti secara otomatis dan melakukan verifikasi saat itu juga.

 

Bagaimana Alur Pembayaran Menggunakan Metode No Virtual Account?

Kamu bisa melakukan metode pembayaran Virtual Account di ATM, Internet Banking maupun Mobile Banking. Setelah kamu memasukan nomor Virtual Account maka akan muncul keterangan transaksi tentang apa dan jumlah nominal yang harus kamu transfer. ketika kamu memilih untuk melanjutkan, sistem akan mentransfer sejumlah nominal tersebut secara otomatis, kemudian pihak penjual akan langsung mendapatkan konfirmasi kalau kamu baru saja berhasil melakukan transaksi tanpa harus melakukan verifikasi bukti pembayaran secara manual.

 

Apa Kelebihan, Kegunaan dan Manfaat Penggunaan Virtual Account?

  • Pembayaran dapat dilakukan secara cepat dan praktis dan tidak perlu verifikasi manual.
  • Metode pembayaran menggunakan nomor Virtual Account sangat mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu pembayaran Menggunakan Virtual Account, dan memasukan no VA yang sudah diberikan dari pihak penjual, kemudian akan muncul konfirmasi, kira-kira seperti ini “transaksi perpanjang domain .com senilai 150.000”, jika kamu pilih ya, maka sistem akan membayar 150.000 secara otomatis.
  • Tidak ada kesalahan seperti transfer kebanyakan, karna sistem sendiri yang melakukan transfer sesuai nominal.

Contoh Lain Penggunaan Virtual Account

Selain untuk transaksi jual beli, virtual account juga sering kita temui saat ingin melakukan top up dompet digital seperti Dana. Saat kamu ingin melakukan top up di aplikasi Dana, maka kamu akan diberikan nomor virtual account. Perbedaannya dengan jual beli, nomor virtual account ini tidak menggunakan id transaksi, melainkan menggunakan id pelanggan. Sehingga sistem akan langsung mengrti bahwa siapa saja yang melakukan top up.

Cara melihat nomor virtual account Dana.

 

Bagaimana Cara Pembayaran Transfer dengan Virtual Account

Hampir semua Bank di Indonesia sudah mendukung pembayaran virtual Account, seperti Bank BCA, BNI, BRI, Mandiri dan masih banyak lagi. Untuk cara pembayaran kamu dapat melakukanya melalui ATM maupun m-Banking.

Kode virtual account ShopeePay Bank BCA, BNI, BRI, Mandiri dll.

 

Sekian dari pembahasan apa itu kode Virtual Account, ikuti website indocara.com untuk mendapat informasi lainnya seputar transaksi online. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tinggalka komentar di bawah.

Author: Mas Erwan

Syarat dan ketentuan serta beberapa info lainnya mungkin saja dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *